Press "Enter" to skip to content

Raja Yang tak Dianggap

Tokoh sekondang Rhoma Irama pun tak berani melabeli dirinya sebagai raja. Kalau bukan film yang ia bintangi pada tahun 1978 berjudul Raja Dangdut, label sebagai raja didiri Rhoma mungkin tak akan pernah ada.

Begitu juga dengan Pangeran Philip yang sampai hari ini tak pernah diakui sebagai raja di Kerajaan Inggris. Padahal ia adalah suami dari Ratu Elizabeth II dan juga berasal dari keluarga kerajaan.

Pangeran Philip adalah pangeran kerajaan Yunani dan Denmark, namun tak bisa mengklaim diri sebagai Raja Inggris. Lantaran ia tak ada dalam daftar silsilah kerajaan Inggris. Pangeran Philip pun tak pernah punya niatan menjadi raja, meski mungkin ia bisa.

Sejarah panjang kerajaan di Indonesia juga menarik ditelaah. Ada banyak kisah dan kasih yang bisa kita jadikan pelajaran hidup di jaman serba canggih ini.

Dalam Serat Pararaton atau Kitab Raja-raja sebagaimana diceritakan Bernard H. M. Vlekke dalam bukunya “Nusantara” ada satu kisah yang unik untuk diikuti.

Kisah tentang Jayanagara, raja kedua Kerajaan Majapahit yang memerintah pada tahun 1309-1328. Jayanagara juga termasuk raja termuda di Kerajaan Majapahit kala itu.

Ia tercatat sebagai raja jahat dan lemah serta dipenuhi dengan perilaku amoral. Sikapnya inilah yang membuat dimasa pemerintahannya banyak terjadi pemberontakan. Salah satu pemicu gerakan rakyat lantaran Jayanagara adalah raja berdarah campuran Jawa dan Melayu, bukan keturunan Kertanagara murni.

Alhasil, Jayanagara terusir dari istananya dan mati dibunuh oleh Ra Tanca, seorang Dharmaputra atau pejabat kerajaan yang juga orang kepercayaan Gajah Mada. Gajah Mada kemudian menjadi raja pengganti Jayanagara setelah mati dibunuh.

Sebagaimana sejarah mencatat, perulangan selalu jadi cerita baru. Saat ini juga banyak raja-raja yang mengklaim dirinya tanpa pengakuan banyak orang. Tapi laiknya sejarah selalu ada cerita versi berbeda. Kebusukan pun kadang disulap jadi keagunan.

Maka raja apapun namanya sudah tidak relevan dengan sistem demokrasi. Bairkan ia jadi raja tanpa pengakuan.