Press "Enter" to skip to content

7 Pernikahan Yang Jadi Biang Gosip di Sulsel

Pernikahan bagi suku Bugis punya posisi yang sakral. Upacara adat dalam setiap pernikahan disebut sebagai Mappabotting, dimana upacara ini memiliki tiga bagian, yakni pra perkawinan, pesta perkawinan hingga pasca perkawinan.

Proses ini telah biasa dilakukan sejak lama dan tak pernah ada yang mempermasalahkannya. Namun beberapa tahun terakhir, ada sejumlah pernikahan di Sulawesi Selatan yang menghebohkan. Bahkan baru-baru ini, beruntun sejumlah pernikahan mencuri perhatian publik, mulai dari pasangan pengantin yang tak biasa hingga jumlah uang panaik yang disepakati calon mempelai.

Berikut 7 pernikahan paling heboh dan jadi biang gosip paling heboh di Sulawesi Selatan.

1. Risna dan Pelukan di Pelaminan

Pernikahan pertama adalah pernikahan sepasang pemuda di Bulukumba yakni Rais dan istrinya. Namun yang membuat pernikahan ini heboh, bukan soal pasangan pengantin tersebut, namun soal sosok Risnawati atau yang akrab disapa Risna yang hadir pada pesta pernikahan itu.

Risna adalah mantan kekasih Rais yang dengan tegar menghadiri acara tersebut. Sayangnya, ketangguhan Risna tumbang juga saat berhadapan dengan Rais. Risna memeluk Rais dipelaminan saat Rais sedang bersanding dengan istri sahnya. Peristiwa ini kemudian diabadikan dalam bentuk video oleh seseorang. Video inilah yang kemudian tersebar luas dan menjadi pembicaraan menarik.

Kisah cinta Risna dan Rais menjadi topik yang hangat diberbagai media, bahkan secara nasional. Risna juga kemudian diundang ke acara Bukan Empat Mata di Trans 7 hanya untuk membicarakan hal ini. Meski kisah cintanya tidak berakhir bahagia, namun pernikahan mantan kekasih ini menjadi buah bibir yang cukup menghebohkan.

2. Uang Panaik Setengah Miliar

Masih dari Kabupaten Bulukumba. Di pertengahan Mei 2015 lalu, terjadi pernikahan paling mewah di sana. Adalah pernikahan Adam Masse dan Indar Desrianti. Jika dilihat dari prosesi dan resepsi, sebenarnya tak ada yang menarik perhatian di acara pernikahan ini.

Orang-orang baru akan kaget ketika mendengar uang panaik (uang hantaran diluar mahar) yang dibawakan oleh mempelai laki-laki. Jumlahnya mencapai setengah miliar rupiah, tepatnya Rp505.000.000. Selain uang, Adam Masse juga menambahkan uang sepupu Rp10 juta, 2 ekor kerbau senilai Rp40 juta perekor, dan mahar 5 hektare tanah produksi.

Kabar pernikahan dengan uang panaik terbesar di Sulawesi Selatan ini pun kemudian dengan cepat tersebar. Pernikahan ini mengundang keingin tahuan masyarakat soal siapa sosok Adam Masse dan darimana sumber kekayaannya. Sekaligus menetapkan Indar Desrianti sebagai perempuan paling mahal di Bulukumba.

3. Pernikahan Bocah 13 dan 14 Tahun

Pernikahan Rudi dan Selfiana, menjadi kabar pernikahan paling heboh tahun 2016. Pasalnya, pasangan ini nampak masih seperti anak kecil. Ditambah lagi informasi dari sang fotografer pernikahan, Irwan Saputra yang mengatakan usia pasangan tersebut masih 13 dan 14 tahun.

Irwan melalui akun Facebooknya bahkan mengatakan, pengantin lelakinya baru saja tamat Sekolah Dasar (SD) 2015 lalu di salah satu sekolah di Jeneponto. Namun, pihak keluarga membantah keduanya berusia 13 dan 14 tahun. Sudirman, orang tua Rudi menyakinkan bahwa anaknya sudah cukup umur untuk menikah.

Akta kelahiran Rudi kemudian membuktikan bahwa Rudi lahir pada 16 September 1997 dan cukup umur untuk menikah. Sudirman mengatakan, anaknya sering bekerja di kebun dan mencari pakan kuda, sehingga mempengaruhi pertumbuhannya. Kisah kedua pengantin ini sukses membuat heboh Indonesia.

4. Pernikahan Pria Paruh Baya dengan Gadis Belia

Pernikahan Haji Nasir dengan Milawati di Kabupaten Bone menjadi pernikahan paling menghebohkan selanjutnya. Bagaimana tidak, pernikahan ini menjadi pernikahan dengan jarak usia yang paling jauh di Sulawesi Selatan. Kedua mempelai ini berbeda usia 45 tahun.

Haji Nasir sudah berusia 63 tahun sedangkan Milawati baru 18 tahun. Namun meski terpaut jauh, pernikahan keduanya mendapat restu keluarga kedua belah pihak. Bahkan sang gadis juga merasa senang akan pernikahan ini. Hal itu terbukti dengan beredarnya foto-foto mesra pernikahan keduanya disosial media.

Haji Nasir juga harus mengeluarkan mahar yang tidak sedikit untuk mempersuntung Milawati. Menurut kabar yang beredar, Haji Nasir harus membayar uang panaik sebesar Rp55 juta ditambah mobil Honda Jazz dan satu unit rumah. Harga yang sepadan. Namun beberapa bulan kemudian, mereka malah bercerai. Kisah perceraian ini tak kalah hebohnya pula.

5. Pernikahan Jaya Baramuli dan Resepsi Miliar Rupiah

Satu lagi pasangan pengantin membuat heboh di Sulawesi Selatan. Yakni pernikahan Jaya Baramuli dan Andi Rahmania di Pinrang. Pasangan ini mengalahkan uang panaik pasangan Adam Masse dan Indar Desrianti di Bulukumba.

Bahkan, bisa dikatakan pernikahan inilah yang paling mahal dan mewah di tahun 2016. Uang mahar pernikahan ini memang hanya 88 riyal, namun uang panaiknya mencapai Rp599 juta. Masih ditambah lagi dengan hadiah satu unit kendaraan roda empat, satu unit rumah dan sejumlah perhiasan.

Pernikahan adik kandung Ketua Golkar Pinrang Abdi Baramuli itu juga menjadi pembicaraan, karena tautan usia keduanya yang cukup jauh. Jaya Baramuli sudah berusia 52 tahun, sedangkan Andi Rahmania baru berusia 25 tahun. Meski terpaut jauh, pasangan ini sudah menjalin asmara sejak lama.

6. Pernikahan Sesama Jenis di Bulukumba

Rahmayani a.k.a Rahmat Yani harus bersembunyi untuk beberapa waktu, ketika kabar dirinya seorang perempuan terbongkar. Padahal ia telah mempersuntung seorang gadis berinisial SN. Pernikahan sesama perempuan ini terbongkar berkat kelamin palsu milik Rahmayani saat mandi.

Tidak mau menunggu lama, keluarga SN melaporkan kasus ini ke polisi hingga jadi heboh seantero negeri. Bulukumba jadi objek perhatian dan banyak orang yang penasaran bagaimana pernikahan ini bisa terjadi tanpa adanya kecurigaan sama sekali.

Karena bangsa ini belum bisa menerima pernikahan jenis demikian, caci dan makian datang dari berbagai arah. Tidak sedikit yang mendesain cerita agar pihak SN jadi pesakitan. Padahal, pernikahan mereka didasari oleh rasa cinta.

7. Mempelai Pria Pingsan Dipelukan Mantan

Mungkin inilah pernikahan yang jadi topik pergunjingan terpanas sepanjang masa. Ketika mempelai pria asal Wajo bernama Nokis Febrianto pingsan karena sang mantan bernyanyi di pesta pernikahannya. Yang menyedihkan karena ia sedang duduk bersanding dengan perempuan lain.

Kejadian tak biasa ini melebihi kecepatan cahaya jadi buah bibir di jagad maya. Kisahnya bahkan bertahan berhari-hari. Orang ingin tahu seperti apa wajah mantan dan istrinya. Dan apa cerita di balik merananya sang lelaki.

Lagu Balo Lipa yang populer dinyanyikan di pesta pernikahan kembali naik daun. Banyak orang yang mencover ulang lagu tersebut, hingga media nasional pun mengulasnya dari berbagai sudut pandang. Meski begitu, kedua mempelai tetap hidup bahagia hingga saat ini.